Senin, 08 Agustus 2011

Mau Meneliti; nyari judul penelitian atau masalah penelitian?

Alhamdulillah, setelah berbulan-bulan gak “menelurkan” postingan (Ayam kali…), akhirnya ada juga bahan buat ditulis. Berawal dari rasa kepedulian terhadap sesama mahasiswa yang kurang beruntung (ngaco…), alias dari para junior yang sering banget minta di carikan judul penelitian, akhirnya Kece’Byurr kepikiran untuk nulis postingan ini. Bukannya gak mau bantu cariin judul, tapi alangkah baiknya kalau buat sendiri, ilmunya dapat dan yang pastinya kita jadi lebih paham tentang gimana sih penelitian itu sebenarnya. Meskipun mungkin gak sebagus saran dari dosen tapi harapan saya paling tidak tulisan ini bisa membantu sedikit.

Okeh, let’s start.

Umumnya sih teman-teman yang lagi mau nyusun proposal mungkin lebih milih nyari judul penelitian daripada repot-repot putar otak untuk bikin sendiri. Biasanya nyari referensi judul dari skripsi-skripsi terdahulu para senior yang sudah tamat, hunting di perpustakaan kampus, dan yang paling sering bertanya sama Mbah GOOGLE. Untuk alasan praktis sih mungkin iya. Tapi kalau menurut saya pribadi agak kurang bermanfaat. Alasannya? Terbukti (meskipun tidak semua mahasiswa), kebanyakan pada saat seminar proposal tidak dapat menjawab pertanyaan dari penguji yang menanyakan tentang apa yang akan dilakukan nanti pada saat penelitian, atau alasan kenapa mengambil judul penelitian tersebut (termasuk saya, maklum pada saat itu masih Pewowi alias goblok…). Kebanyakan yang keluar adalah jawaban asal-asalan dan ngaco, hal ini tentu tidak akan terjadi kalau saja kita mengetahui seluk beluk penelitian yang akan kita lakukan, Ya toh? (ce ileh, kayak yang sudah ahli saja…)

Salah satu dosen saya pernah menyarankan, “Penelitian yang bagus itu bukan berawal dari judul, tapi dari masalah yang akan kamu teliti”. Sebelum kita mulai men-Kece’byurr-kan diri dalam kubangan lumpur penelitian (Sapi kale…), kita harus tahu dulu masalah apa yang akan dijadikan landasan untuk penelitian kita. Kalau masalahnya sudah dapat, membuat judul akan jauh lebih mudah. Dan bukan cuma dapat satu judul untuk satu masalah, malah bisa jadi dua judul penelitian, bahkan lebih!

Nah, pertanyaannya sekarang, gimana caranya cari masalah? Gampang! Bakar saja rumahnya orang! Pasti langsung dapat masalah sama pihak yang berwajib, wkwkwk… (Just kidding…).

Ada banyak cara untuk menentukan masalah yang akan kita teliti, tapi saya akan share yang saya gunakan untuk penelitian saya saja, soalnya kebanyakan bos! Sebagai referensi saya sarankan untuk membaca buku “Practical Research Methods: A user-friendly guide to mastering research techniques and projects” oleh Dr. Catherine Dawson (2002). Bukunya sih full English, so harus siapin kamus bagi yang gak terlalu paham sama bahasa inggris, he he…

Yuk lanjut… Mula-mula, luangkan waktu untuk tenang dan berpikir tentang penelitian anda. Kenapa harus meluangkan waktu? Ya kan harus mikir dulu, dan berpikir itu butuh waktu dan ketenangan, kalau tidak ide-ide tidak akan muncul (kecuali bagi orang yang biasa berpikir dibawah tekanan…). Nah, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah ambil kertas dan pensil atau pulpen untuk membuat kerangka pikiran anda.

Nah sekarang bagian utamanya, yaitu bertanya alias “asking question” pada diri anda sendiri. Anda bisa menggunakan rumus “WH Questions” alias rumus “5W+1H” yaitu:

What; apa yang ingin anda teliti?
Why; kenapa anda ingin meneliti atau apa tujuan anda meneliti?
Who; siapa yang akan menjadi partisipant atau responden penelitian anda?
Where; dimana anda akan melakukan penelitian?
When; kapan anda akan mulai meneliti? dan,
How; bagaimana proses atau cara anda meneliti nanti?

Yuk bahas satu persatu…

1. What?
Apa yang ingin anda teliti? Pertanyaan ini harus dijawab se-spesifik mungkin, karena kesalahan yang sering terjadi adalah apabila kita tidak membuatnya spesifik maka topik penelitian kita akan terkesan terlalu meluas yang nantinya akan menimbulkan kerancuan, namun jika terlalu sempit juga akan menimbulkan kesulitan dalam penjabarannya nanti. Solusinya, anda dapat “merangkum” jawaban anda dalam satu kalimat yang jelas dan padat atau membuat beberapa kata kunci. Usahakan juga agar mebuat topik penelitian yang nantinya mudah anda lakukan alias tidak mempersulit diri anda.

2. Why?
Kenapa anda ingin meneliti? apa tujuan anda meneliti? mungkin alasannya “ya karena harus!”, udah semester akhir, disuruh dosen, bla… bla… bla…. Tapi jawaban yang di inginkan di sini adalah kenapa anda tertarik dengan topik tersebut, kenapa anda termotivasi untuk melakukan penelitian tersebut. Mungkin karena anda menemukan kekeliruan dalam penelitian sebelumnya dan anda ingin mencoba menutupinya? Anda mungkin ingin mencoba suatu teknik baru dalam proses pembelajaran dan melihat keefektifannya? Mungkin juga anda ingin meningkatkan hasil belajar siswa dengan teknik tertentu? Atau mungkin anda ingin mengetahui persepsi siswa tentang teknik belajar tertentu? Apapun alasannya, pikirkan baik-baik dan usahakan agar jawaban anda singkron dengan topik yang telah anda buat di atas, karena kalau tidak ntar malah penelitian anda Enjel alias Enggak jelas!

3. Who?
Sudah jelas pertanyaan ini merujuk pada respondent atau subjek penelitian anda. Anda tidak perlu memikirkan masalah berapa seharusnya jumlah responden yang akan anda ambil. Pikirkan saja dulu siapa yang akan anda teliti. Mungkin siswa, guru, atau mungkin hal lain.

4. Where?
Dimana anda akan melakukan penelitian anda? Untuk hal ini usahakan agar tidak membebani anda dari segi materi (uang) dan waktu agar penelitian anda nanti akan jadi lebih mudah. Mungkin anda memilih tempat yang dekat dengan rumah anda, atau paling tidak mudah dijangkau dengan kendaraan.

5. When?
Kapan anda akan melakukan penelitian anda? Menjawab pertanyaan ini akan membantu anda untuk mengetahui apakah penelitian yang akan anda lakukan nanti dapat anda lakukan dalam batas waktu yang anda tentukan. Kapan anda akan mulai mempersiapkan penelitian, kapan anda akan bertindak (action) untuk penelitian anda, kapan anda akan mengumpulkan data, kapan anda akan menganalisis data, apakah tidak berbenturan dengan jadwal respondent anda, dan sebagainya. Pikirkan baik-baik dan anda akan menghemat waktu anda dalam meneliti nantinya.

Setelah anda menjawab pertanyaan 5W ini, cobalah untuk merangkum semua jawaban anda dalam satu kalimat yang jelas dan padat. Nah! Anda telah berhasil membuat judul penelitian anda! Setelah selesai anda perlu membawanya ke dosen atau siapa saja yang anda anggap kompeten dalam penelitian untuk menanyakan apakah judul anda tidak rancu atau mungkin ada yang perlu di revisi lagi.

Jika anda berhasil dalam tahapan diatas maka tahapan 1H berikutnya yaitu How? atau bagaimana anda akan meneliti nantinya akan jauh lebih mudah. Anda tinggal perlu memikirkan apa yang akan anda lakukan nanti pada saat penelitian. Metode apa yang akan anda gunakan? Berapa banyak populasi dan sampel yang akan anda ambil? Instrument apa yang akan anda gunakan (jika ada), bagaimana anda akan mengumpulkan data? Bagaimana anda menganalisis data? Teknik apa yang akan anda gunakan dalam mengumpulkan dan menganalisis data, dan sebagainya. Untuk masalah ini akan Kece’ bahas pada postingan selanjutnya (Insya Allah).

Berikut adalah contoh kerangka berpikir yang pernah saya buat:

1. What?
Saya ingin melakukan penelitian tentang pengajaran, saya tertarik dengan teknik JIGSAW dan ingin mencoba apakah cocok atau efektif digunakan dalam pengajaran Reading (membaca) dalam pengajaran bahasa inggris, khususnya dalam membaca teks narasi. Jadi sebagai awalnya saya buat beberapa kata kunci:
Teknik JIGSAW, Reading (membaca), teks narasi (cerita), efektif atau tidak?,
2. Why?
Karena saya melihat (tentunya setelah dilakukan observasi awal dulu) bahwa kemampuan membaca siswa masih rendah, masih amburadul, terbata-bata, dan sebagainya. Dan saya juga ingin mencari tau apakah dengan menggunakan teknik JIGSAW dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
3. Who?
Jelas saya akan meneliti siswa, namun akan saya fokuskan untuk siswa SMP.
4. Where?
Di SMP SUKASUKA saja ah , yang dekat dari rumah (nama SMP nya gak usah di ikuti, cuma contoh...).
5. When?
Pas tahun ajaran baru saja, target penelitiannya sekitar 3 – 4 minggu (bisa gak ya?).

Nah, dari jawaban-jawaban tersebut di atas, judul-judul penelitian yang kemudian saya dapatkan atau rancang:
1.THE EFFECT OF USING JIGSAW TECHNIQUE ON STUDENTS’ READING ABILITY IN READING NARRATIVE TEXT AT VIII GRADE OF SMP SUKASUKA (efektifitas penggunaan teknik jigsaw pada kemampuan membaca teks naratif siswa kelas VIII SMP SUKASUKA). untuk Penelitian Experiment.
2. IMPROVING STUDENTS’ READING ABILITY IN READING NARRATIVE TEXT USING JIGSAW TECHNIQUE AT VIII GRADE OF SMP SUKASUKA (meningkatkan kemampuan membaca teks naratif siswa dengan menggunakan teknik JIGSAW pada kelas VIII SMP SUKASUKA). untuk Penelitian Tindakan Kelas/ Action Research.
3. THE CORRELATION BETWEEN THE USE OF JIGSAW TECHNIQUE AND STUDENTS’ READING ABILITY IN READING NARRATIVE TEXT AT VIII GRADE OF SMP SUKASUKA (hubungan antara penggunaan teknik JIGSAW dengan kemampuan membaca teks naratif siswa kelas VIII SMP SUKASUKA). untuk Penelitian Korelasi.

Fiuhhhh… Gimana? Cukup mudah bukan?
Nah, sekian dulu untuk postingan kali ini. Pembahasan selanjutnya akan Kece’ lanjutkan di postingan berikutnya. Semoga dapat membantu teman-teman semua dan selamat mencoba.

NB: kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat di harapkan dari para pembaca, maklum masih dalam proses belajar. Okeymi jhi!? ^_^